Jumat, 30 Mei 2008

PETA KECENDERUNGAN KAJIAN ISLAM DI PROGRAM PASCASARJANA UIIS MALANG

PETA KECENDERUNGAN KAJIAN ISLAM DI PROGRAM PASCASARJANA UIIS MALANG
1. Pendahuluan Pembidangan ilmu agama Islam telah dilakukan oleh Departemen Agama pada tahun 1982 menjadi delapan, yaitu: 1. Quran dan Hadits; 2. Pemikiran dalam Islam; 3. Fiqh (Hukum Islam) dan Pranata Sosial; 4. Sejarah dan Peradaban Islam; 5. Bahasa (Arab); 6. al-Tarbiyah al-Islamiyah (Pendidikan Islam); 7. Da’wah Islamiyah; dan 8. Perkembangan Pemikiran Moderen di Dunia Islam. Pembidangan seperti ini, pada prinsipnya tetap mewarnai kajian Islam di Indonesia, termasuk juga di program pascasarjana institusi pendidikan Islam, seperti IAIN, UIN, UIIS. Gencarnya upaya islamisasi ilmu pengetahuan, dan munculnya kritik tajam terhadap positivisme, serta maraknya pemetaan terhadap relasi antara sains dan agama, menghendaki peninjauan kembali aspek ontologi, epistemologi, dan axiologi ilmu, yang memiliki implikasi terhadap keseluruhan institusi pendidikan Islam dalam mengelola pendidikannya, sehingga secara substansial berbeda dengan institusi pendidikan sekuler. Hal demikian juga menghendaki perlunya penataan kembali terhadap orentasi program pasca sarjana institusi pendidikan Islam. Dalam hal ini tampaknya pembidangan ilmu agama Islam di atas perlu ditinjau kembali. Upaya untuk melakukan tinjauaan kembali tersebut, tampaknya perlu di awali dengan kajian filosofi ilmu pengetahuan, dari segi hakikat, cara mendapatkan, dan kegunaannya. Wahyu, akal, pengalaman, dan intuisi, harus merupakan satu kesatuan yang integratif struktural. Upaya ke arah itu, dapat dilakukan dengan terlebih dahulu melihat secara obyektif peta kecenderungan kajian Islam di program pascasarjana IAIN, UIN, dan UIIS. 2. Program Pascasarjana UIIS Program Pascasarjana UIIS memiliki dua konsentrasi, yaitu: Manajemen Pendidikan Islam dan Pembelajaran Bahasa Arab. Kurikulum PPs UIIS memiliki muatan terdiri dari empat unsur terpadu, yaitu: a. Unsur yang membangun kemampuan dasar keilmuan Islam yang tercermin dalam rumpun Mata Kuliah Dasar (MDK) b. Unsur yang berfungsi untuk membangun kemampuan metodologi dan ketajaman analis terhadap peroblematika keislaman yang tercermin dalam Mata Kuliah Alat Analis (MKA) c. Unsur yang berfungsi untuk mengembangkan sepesialisasi keilmuan Islam, yang tercermin dalam rumpum Mata Kuliah Keahlian (MKK) d. Unsur yang berfungsi untuk memperkaya, melengkapi, memperlancar, dan memantapkan potensi professional yang tercermin dalam rumpun Mata Kuliah Pendukung (MKP) Stuktur kurikulum untuk konsentrasi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Pembelajaran Bahasa Arab dirancang dengan beban Satuan Kredit Semester (SKS) minimal sebanyak 42 SKS. Setiap rumpun mata kuliah beserta beban satuan kredit semaster dirinci sebagai berikut: a. Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam - Mata Kuliah Dasar: Studi Al-Qur’an; Studi Hadits; Peradaban Islam; Pemikiran Pendidikan Islam. - Mata Kuliah Alat Analisis: Filsafat Ilmu; Pendekatan Pengkajian Islam; Metodologi Penelitian Pendidikan. - Mata Kuliah Spesialisasi Keilmuan: Manajemen Pendidikan Islam; Teori dan Model Kepemimpinan Pendidikan Islam; Manejeman SDM dalam Pendidikan Islam; Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam; Manajemen Humas dalam Pendidikan Islam; Analisis Kebijakan & Problematika Pendidikan Islam; Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam; Perencanaan Pendidikan Islam; Sosiologi Pendidikan Islam. - Mata Kuliah Pendukung: Bahasa Arab; Bahasa Inggris; Seminar Proposal Tesis. - Karya Ilmiah: Tesis. b. Konsentrasi Pembelajaran Bahasa Arab - Mata Kuliah Dasar: Al-Diraasaat al-Qur’aaniyah; Diraasaat al-Hadiits; Al-Hadlaarah al-Arabiyah al-Islaamiyah. - Mata Kuliah Alat Analisis: Falsafah al-Uluum; Manaahij al-Bahts al-Lughawy; Manaahij al-Diraasaat al-Islaamiyah. - Mata Kuliah Spesialisasi Keilmuan: Al-Lisaniyaat al-Hadiitsah wa Tathbiiqaatuha fii Ta’liimi al-Lughah al-Arabiyah; Al-Diraasah al-Taqaabuliyah wa Tahliil al-Akhthaa; Ilmu al-Dalaalah wa al-Ma’aajim; Ilmu al-Lughah al-Ijtimaa’iy wa al-Nafsy; Idaaratu Baraamiji Ta’liimi al-Lughah al-Arabiyah; Al-Tarjamah wa Ta’liimuha; Binaa’ Manaahij al-Lughah al-Arabiyah; Tashmiim al-Mawaad al-Diraasiyah; Manaahij wa Thuruq Ta’liim al-Lughah al-Arabiyah; Wasaail Ta’liim al-Lughah al-Arabiyah wa Mukhtabaru al-Lughah; Al-Taqwiim al-Tarbawy wa al-Ikhtibaaraatu al-Lughawiyah. - Mata Kuliah Pendukung: Al-Lughah al-Injliziyah; Al-Diraasaat al-Mutaqqaddimah fii al-Lughah al-Arabiyah; Seminar Proposal Tesis. - Karya Ilmiah: Tesis. Sedang tesis yang ditulis oleh mahasiswa PPs UIIS adalah sebagai berikut: a. Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam - Pengelolaan Pengajaran Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra UM - Pola Kepemimpinan Kyai dalam Pengelolaan Pondok Pesantren Mahasiswa - Manajemen Sumber Dana Lembaga Pendidikan Islam (Studi kasus SLTPI Druju) - Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi kasus SMK Wali Songo 2 Gempol Kab. Pasuruan) - Internalisasi Nilai-Nilai Agama dalam Pelaksanaan Manajemen Pendidikan (Studi kasus pada MAN 3 Malang) - Manajemen Konflik dalam Pendidikan (Studi kasus Tanggapan Bawahan Terhadap Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah di MAN 3 Malang) - Aktualisasi Program Rintisan Pendidikan Kecakapan Hidup Melalui Pendekatan Pendidikan Berbasis Luas - Kepemimpinan Wanita di Pondok Pesantren (Studi kasus di Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani Lowok Timur NTB) - Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Aktor Perubahan (Studi kasus di MAN 3 Malang) - Kepemimpinan Kyai dalam Mengembangkan Pendidikan (Studi kasus di Pesantren Hidayatullah Batu Malang) - Pembaruan manajemen Pondok Pesantren (Studi kasus di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur) - Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Madrasah Aliyah (Studi kasus di Madrasah Aliyah al-Fatah Badas) - Strategi Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi kasus di Pesantren Darut Tauhid Malang) - Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Islam Umum (Studi kasus di Universitas Negri Surabaya) - Manajemen Pengembangan Perguruan Islam (Kasus STAIN Malang) - Pembinaan Profesional Guru Pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi kasus SD Al-Hikmah Surabaya) - Problematika Pengembangan Madrasah (Kasus di Madrasah Tsanawiyah Sabilal Muhtadin Balikpapan) - Manajemen Sumber Dana Pesantren (Studi kasus Pondok Pesantren M.Arsyad al Banjari) - Hubungan Masyarakat di Lembaga Pendidikan Islam (Studi tentang Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Pengembangan Kehumasan di SMU Salahuddin Malang) - Madrasah dalam Perspektif Masyarakat Menengah Atas (Studi Tentang Parental Choice of Education di MIN Malang I) - Dinamika Pesantren Hidayatullah (Kasus Perubahan Manajemen Dari Lembaga Pendidikan Menjadi Organisasi Masyarakat) - Implikasi Pengelolahan Personalia Terhadap Prestasi Akademik Siswa di Lembaga Pendidikan Pesantren (Studi kasus SLTP-SMU Ar-Rahmah Pesantren Hidayatullah Malang) - Pengelolaan Pendidikan Pesantren Mahasiswa (Studi kasus Pesantren Mahasiswa al-Hikam Malang) - Penggunaan Kekuasaan dan Pengaruhnya dalam mewujudkan Prestasi Perguruan Tinggi Islam (kasus STAIN Malang) - Manajemen Pendidikan Pesantren dalam Upaya Mempersiapkan Santri Menjadi Muballigh - Pengembangan Motivasi Kerja: Studi tentang Pengaruh Perilaku Pemimpin dan Atrus Komunikasi terhadap Tingkat Motivasi Kerja Tenaga Administrasi Undar Jombang. - Internalisasi Budaya Organisasi dalam Inovasi Pendidikan Tinggi Islam (Kasus STAIN Malang) - Kinerja Pengawas Sekolah Mata Pelajaran PAI pada SLTP/SMU/SMK Kota Malang. - Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Tingkat Efektivitas Kerja Dosen STAIN Malang. - Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Inovasi Lembaga Pendidikan Madrasah (Studi Kepemimpinan Drs. H. Abdul Djalil, M.Ag). - Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan inovasi Pendidikan (Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Jendral Sudirman) - Manajemen Pengembangan Kualitas Dosen (Studi Kasus STAIN Malang) - Peran In Service Training dalam Meningkatkan Kualitas Guru (Studi Manajemen pendidikan di MAN Malang) - Problematika Pengelolaan Madrasah (Studi Kasus di MI al-Ma’arif Kedungsari Tanggulangin Sidoarjo) - Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (Studi Kasus MAN I Malang) - Pola Pengembangan Kemampuan Profesional Tenaga Kependidikan di MTsN Malang I - Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal SLTP: Studi Kasus SLTP al-Kamal Kunir Wonodadi Blitar - Manajemen Jaminan Mutu Akademik pada Madrasah Aliyah Keagamaan (Studi Kasus MAKN Jember 1999-2003) - Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Islam (Studi Kasus SD Muhammadiyah I Samarinda0 - Strategi Pengembangan Mutu Sumber Daya Guru di Lembaga pendidikan Islam (studi kasus MIN Malang I) - Pembaharuan Pondok Pesantren (Studi kasus Kepemimpinan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri) b. Konsentrasi Pembelajaran Bahasa Arab - Fa’aaliyyatu Istikhdaami al-Wasaail at- Ta’limiyyah Fi Ta’ liimi al- Lughoti al- Arabiyyati Bil Madrasati al-Aaliyyati al –Hukuumiyyati an-Namuudajiyyati Palangkaraya. - Musykilaatu Tathbiiqi Nadhoriyyati al- Wihdati Fi Ta’liimi al-Lughoti al- Arabiyyati Bil- Madrasati al-Aaliyyati al-Islamiyyati al-Hukuumiyyati Bi Ende Nusa Tenggara asy –Syarkiyyah - Pembelajaran Ketrampilan Membaca di MAN Model Pekanbaru - Tathbiiqu Thoriiqati Jig Sau Wat’ Ta’aawuniyyati Fi Ta’liimi al- Qirooati al-Arabiyyati (Diraasatun Tajribiyyatun Bi al-Madrasati al- Aaliyah al- Hukumiyyati Tasbasung) - Peranan Kompetensi Guru Bahasa Arab dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Bicara Siswi MAK Malang - Musykilaatu Ta’liimi Mahaarati al- Kalaami Bi al- Lughoti al- Arabiyyati Fi al-Madrasati ats- Tsaanawiyyati al- Islaamiyyati al- Hukuumiyyati Pasuruan - Iktisaabu al –Anaashiri ash- Shorfiyyati Wa an- Nahwiyyati Fi Duruusi al-Muhaadasati Min Thullaabi al-Madrasati ats-Tsaanawiyyati Bi Daari al- Lughoti Wa ad- Da’wahti Raasyi Pasuruan (Diraasatun Washfiatun Wa Tahqiiqiyyatun Wa Tahliiliyatun) - Ta’liimu al Mufradaat Fi al- Madrasati ats-Tsaanawiyyati al- Hukuumiyyti al- Uula Serang Banten - Tadriisu Kitaabi Syarhi al- Juruumiyyati Fi al-Madrasati Miftaahi al- Uluum al- Ibtidaaiyyati Bi- al- Ma’hadi as- Salafi Sidogiri Pasuruan - Tadriisu al- Kitaabati Fi al- Madrasati ast- Tsaanawiyyati al- Uula Mataram - Tadriisu at- Ta’bir Fi Ma’had ad- Diroosati al-Qur’aani Singosari Malang - Al- Istiraatijiyyaatu Ta’liimi al- Lughoti al- Arabiyyati Fi al- Madrasati ats- Tsaanawiyyati al- Hukuumiyyati Samarinda Kalimantan asy- Syarkiyyati - Tahliilu Bunuudi al- Ikhtibaari an- Nihaai Sanah 2002-2003 Li Maadati al- Lughoti al-Arabiyyati Bi al- Madrasati ast- Tsaanawiyyati Jombang - Tathbiiqu ath- Thoriiqoti al- Mubaasyirati Li Ta’liimi al- Lughoti al- Arabiyyati (Studi Kasus di PKPBA UIIS Malang) - Tanfiidu Tadriisi al-Lughoti al-Arabiyyati Fi al- Ma’hadi al- Amin al- Islaami Perinduan Sumenep Madura - At Ta’biru al –Muwajjahu Fi al-Kitaab al- Madrasi Li al- Lughoti al-Arabiyyati Bi al- Madaarisi ats- Tsaanawiyyati al- Islaamiyyati Lil Fashli al- Awwali Lil Lajnah at-Ta’lifi an- Najaahi - Al- Ithlaa’ Alaa As’ilati al- Ikhtibaari an-Nihaa’i Fi Maadati al-Lughoti al- Arabiyyati Bi al-Madrasati ats –Tsaanawiyyati al- Islaamiyyati al- Hukuumiyyati al- Uula Bandar Lampung 2001-2002 - Thoriiqotu Tadriisi Mahaaroti al-Kalaami Fi al-Madrasati al- Aaliyati al- Hukumiyyati ast- Tsaniyyati Situbondo - Al –Awaamilu al- Asaasiyyatu Li fasyli Ta’liimi Mahaarati al-Kalaam Fi al- lughoti al Arabiyyati Bi al- Madrasati ats Tsaanawiyyati al- Islaamiyyati al- Hukuumiyyati al -Uula Pontianak - Qodratu Thullaabi al- Madrasati ats- Tsanawiyyati ad- Diiniyyati at- Taabiati Lil Madrasati ats-Tsaanawiyyati al- Islaamiyyati al- Hukuumiyyati ats –Tsaanawiyyati Palembang Alla Ta’biiri asy- Syafaw - Tahliilu al-Akhtoo’Fi Isti’maali at-Tarkiib al- Wasyfiy Fi al-Lughoti al-Arabiyyati (Diraasatun Fi al-Insyak Li Tholabati ash-Shoffi ats- Tsaalitsati Bi al-Madrasati ats-Tsaanawiyyati al-Islaamiyyati al- Hukuumiyyati an- Namudzajiyyati Makasar) - Tadriisu at- Tarjamah Fi al- Kutuubiyyah as- Salafiyyah Bi Ma’hadi an-Nuur ats- Tsaalis Bululawang - Kafaaatu Thullaabi al- Madrasati al- Aaliyati al- Hukuumiyyati ats-Tsalitsati Bi Malang Fi Qiraa’ati Kutubi al- Lughoti al- Arabiyyati Sanah 2002-2003 - Tahliilu al- Ikhtibaar Fi al- Imtihaani an- Nihaaiy Lil- Lughoti Al –Arabiyyati Bi al- Madrasati ats- Tsaanawiyyati al- Islaamiyyati al- Hukuumiyyati Amrabihan Sanah 2002-2003 - Tathwiiru al-Wasaaili al-Bashoriyyati Fi Ta’liimi al- Lughoti al-Arabiyyati Bi- Madrasati ats-Tsaanawiyyati Al- Hukuumiyayti al-Uula Malang - Musykilaatu Ta’liimi al- Qawaaidi an –Nahwiyyati Fi Madrasati ats-Tsaanawiyyati al-Islaamiyyati al- Hukuumiyyati ats- Tsaanawiyyati – Medan - Fa’aaliyyatu Istikhdaami Ma’mali al- Lughoti Fi Tadriisi al- Lughoti al- Arabiyyati Bi al-Madrasati al- Aaliyyati Hukuumiyyati ats-Tsaalitsati Malang - Kafaa,atu ath- Thullaabi Fi Istikhdaami Ahrufi al-Athofi Bi al –Madrasati ats- Tsaanawiyyati al- Hukuumiyyati Jambi - Ta’liimu al-Lughoti al –Arabiyyati Fi al- Madrasati al-Islaamiyyati al- Hukuumiyyati Pematang Siantar - Istikhdaamu ath-Thoriiqoti al-Mubaashiroti Fi Tadriisi al- Lughoti al-Arabiyyati Fi al- Madrasati ats-Tsaanawiyyati ad-Diiniyyati al- Hukuumiyyati - Tathwiiru Saithoroti al- Mufradaati al-Arabiyyati An-Thoriiqoti Manhaji as-Siyaaqi al-Lughowi Fi al- Madrasati ats-Tsaanawiyyati al-Islamiyyati al-Hukumiyyati Ponorogo Jawa asy-Syarkiyyah - Tadriisu al- Luhgoti al- Arabiyyati Lil- Barnaamiji al- Khoosi Fi al- Jaami’ati al- Islaamiyyati al- Hukuumiyyati Mataram - Ta’liimu Fahmi al- Maqruu,i MP. Bi Istiraatijiyyati Nasyaathi al- Qiraa’ati Wa at-Tafkiiri al- Muwajjahi (Bahsun Amaliyyun Fi Talaamiidi al- Fashli al- Khoomis Bi al- Madrasati al- Ibtidaaiyyati “ Nurul Islam” Lumajang ) - An- Namuudaju at- Tajdidiyyu Li Nidoomi Ta’liimi al- Lughoti al- Arabiyyati Li Ghoiri Naatiqi Biha (Khibratul ma’hadi al-Islaamiyyi “Yaafi” Bangil Pasuruan - Tathbiiqu Nadhoriyyati al-Wihdati Fi Ta’liimi al-Lughoti al- Arabiyyati (Diroosatun Haaliyyatun Fi al-Madrasati ats-Tsaanawiyyati al-Islamiyyati al-Hukumiyyati Malang) - Tathbiiqu at- Ta’allumi at-Ta’aawuni Li Tasywiiqi ath- Thullaabi Fi Ta’allumi al- Lughoti al- Arabiyyati (Al-Madrasatu al- Aaliyyatu al- Hukumiyyatu ats- Tsaalitsatu Malang Namudzajiiyyan - Fa’aaliyyatu Thoriiqoti al-Mashi Wa at-Tafkiiri Wa al- Fahmi Wa al-Idhhaari Wa al- Muraaja’ati Wa Thoriiqoti at-Taqlidiyyati Fi Raf’i Mustawaa Kafaa’ati at- Thullaabi Alaa Mafhuumi Nashshin Arabiyyin ( Diraasatun Tajriibiyyatun Alla Tullaabi al –Madrasati ad-Diiniyyati al- Hukuumiyyati Malang) - Al- Bii’ah al- Arabiyyatu Fi al-Ma’had al- Ashri Gontor Lil Banat Sambirejo- Mantingan Ngawi - Al-Alaaqotu Baina Kimmiyyati al-Mawaad ad-Diroosiyyati Fi Ilmi al- Lughoh Wa Najaahi Ta’liimi al- lughoh al-Arabiyyati - Tathbiiqu al-Madkholi al- Ittishooliy Fi Ta’liimi Qirooati al- Lughoti al- Arabiyyati Fi al- Madrasati al-Aaliyyati al- Khooshoti (ad-Diniyyati) at- Taabiati Lil- Madrasati al-Aaliyyati al-Hukumiyyati ats-Tsaalitsati Malang - Al- Kafaa’atu al-Lughowiyyatu Wa at-Ta’liimiiyyatu Li Mudarrisi al- Lughoti al- arabiyyati Fi al- Baraamiji al- Mukatstsafi Li Ta’liimi al-Lughoti al-Arabiyyati Bi al Jaami’ati al- Islaamiyyati al- Indonesiati as-Sudaniyyati Malang - Binaau Manhaj Diraasi Li Mahaaroti Al-Kitaabah Al-Mabnaa Alaa Al-Asaas Al-Kifaa’ah Fi Qismi Al- Lughoh Al-Arabiyyah Bi- Al-Jaami’ah Al-Indonesiah As- Sudaniyah Bi Malang - Pemikiran Basori Alwi dalam Pembelajaran Bahasa Arab - Tadriis Tilawah Al-Qur’an Wa Al-Kalam Fii Ma’had Ad-Dirasaat Al-Qur’aniyah - Ta’liimu Al-Lughoh Al-Arobiyyah Fii Barnaamiji At- Tajhis (Diraasah Qodhiyah Fii Ma’hadi Al-Falaah Al- Islaamii Lil Banaat Banjar Baru Kalimantan Al- Janubiyah) - Ta’tsiir istikhdaami al wasaa-il (al lu’bah al lughawiyah) ‘ala at tahsiil al diroosii li attalaamidz fi tadriisi al lughah al arabiyyah bi al madrasah ibtidaiyyah al islaamiyyah al hukuumiyyah “ula” bi Malang - Ta’lim al Lughah al Arabiyah Bimadkholi al Ittshalii (Diraasati wa shofiyyati fi Ma’had Daaruttauhiid Malang) - Tathbiiq baina al-Madkhal al-Ittishaly wa al-Madkhal al-Taqliidy fi al-Madrasah al-Aliyah al-Da’wah al-Islamiyyah lil Banaat bi Ma’had al-Salafy Nurul Hakim Kediri Lombok al-Gharbiyyah. - Tahliil Mustawaa Layaqah al-Niha’iy fi al-Lughah al-Arabiyyah bi al-Madrasah al-Tsanawiyah al-Hukumiyah Selong - “Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah bi Kuliyyah al-Dirasaat al-Islamiyyah li al-Jami’ah al-Muhammadiyah Malang” - Inhiyaaz al-Tasaawiy baina al-Dzukuur wa al-Inaats fi Tadriis al-Lughah al-Arabiyyah - Ta’tsiir Isti’maal Usluub Muhammad Ali al-Khuuli wa Usluub H.D. Hidayat wa Akhariin ‘alaa al-Tahshil al-Dirasiy li Khirriji al-Ma’had wa Khirriji Ghairi al-Ma’had fi Ta’allum al-Qira’ah (Bahtsun Tajribiy) - Tanmiyah al-Kitaab al-Ta’liimiy fi Maadati al-Qawa’id al-Nahwiyyah li al-Jaami’ah al-Islaamiyyah al-Induuniisiyyah al-Suudaaniyyah Malang - ‘Uyub Ittijaah al-Tarjamah al-Taqlidy - Thuruqu Tadriis al-Lughah al-Arabiyyah bi al-Madrasah al-Ibtida’iyyah al-Hukumiyyah Malang al-Uulaa - Al-Ikhtibaaraat fi al-Lughah al-Arabiyyah li Ghairi al-Arab Mustawaa Layaqatihaa li Ma’rifati Qudrati al-Thaalib fi al-Lughah al-Arabiyyah bi Ma’had Umar ibn al-Khaththaab Surabaya - Tadriis Mahaarah al-Kalaam: Bahtsu Taqwiimiy ‘an Thariiqah al-Tadriis wa Takwiin al-Bii’ah al-Arabiyyah fi Ma’had Rasyiidiyyah Khalid ibn Amuntai Kalimantan al-Junuubiyyah - Kafaa’ah al-Thullaab al-Musytarikiin fi al-Barnaamij al-Khaash li Ta’liim al-Lughah al-Arabiyyah fi al-Ta’biir al-Kitaabiy bi al-Jaami’ah al-Islamiyyah al-Hukuumiyyah Malang - “Maharat al Kalam wa Thuruq Tadrisiha fi al Madrasat al Tsanawiyat Al Islamiyat Al Mu’min” Ngruki – Grogol – Cemani – Sukoharjo – Jawa Tengah. - “At-Tathbiq li Tadrisi Maharah al-Qira’ah fi al-Madrasah al-Tsanawiyyah al-Hukumiyyah al-Tsaniyyah bi Banjarmasin”. - “Kafa’ah Thullab al-Madrasah al-Tsanawiyyah al-‘Ula bi Bojonegoro fi Kitabah al-Jumlah Hasba ‘Anashiriha al-Tarkibiyyah”. - “Al Ithla’ ‘Ala Mawad al Hiwar Fi al Kitab al Madrasy Li al Madaris al Tsanawiyyah al Islamiyyah al Ladzi al Lafahu HD. Hidayat Wa Ash Habuhu ‘Ala al Manahij al Ta’limiyyah Lil Lughah al Arabiyyah ‘Am 1994 M”. - “Maharah al-Kalam wa Thariqatu Tadrisiha fi al-Madrasah al-Tsanawiyyah al-Islamiyyah al-Hukumiyyah fi Sidoarjo Jawa al-Syarqiyyah”. - “Ta’lim Tarkiib al-Jumlah al-Lughah al-Arabiyyah fi al-Madrasah al-Aliyah al-Hukumiyyah al-Tsalitsah Yogyakarta - “al-Dhoma’ir wa Musykilatu Tadrisiha fi al-Madrasah al-Tsanawiyyah al-Islamiyyah al-Hukumiyyah al-‘Ula Bandung”. - Musykilah Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah fi al-Madrasah al-Tsanawiyyah al-Islamiyyah al-Hukumiyyah Purbalingga Jawa al-Wustha”. - “Fa’aliyah al-Madkhal al-Ittishali fi Ta’lim al-Ta’biir al-Tahriri li al-Thullab al-Shaffi al-Awwal min al-Madrasah al-Tsanawiyyah al-Hukumiyyah I Jember” - “Tadris Al Kitabat Fi Al Madrasat Al ‘Aliyat Al Islamiyyat Al Hukumiyyat Praya Lombok Al Wustha” - “Pengajaran Qiraah di Madrasah Aliyah Negeri Rengel Tuban” - Ta’lim Kitab Alfiyah Ibnu Malik Ala Al Dlau Al Nadhariyyat Al Ta’limiyyah” (Dirasah Al Halah Bi Ma’had Bustan Al Ulum Tasikmalaya Jawa Al Gharbiyyah. - “Muyulu Thullabi Al Madrasah Al Tsanawiyati Al Islamiyyati Al Hukumiyyati Ila Dirasati Al Lughowiyyati Fi Madinati Syirbon” - Taqwim al Kitab al Madrasiy li ta’lim al Lughah al ‘Arabiyyah Fi al Madrosah al Tsanawiyyah al Islamiyyah Hasba al Manhaj al Ta’limiy Li Sanati 1994 M”. - “Tadris Huruf al Jar Fi al Madaris al Tsanawiyah al Islamiyah” ( Dirasah Tauziniyyah Fi al Manahij al Ta’limiy-yah al Arabiyah Li Sanah 1994 M ) - “Tathbiqu Thariqah al Ta’allum al Mu’tamadah ‘ala Fa’aaliyati al Tullab (CBSA)” (Dirasah Halah Fi al Madrasati al ’Aliyati al Tsalistah Malang). - “Istii’abu At Thalabah Ala Fahmi al Nushuushul Arabiyah” 3. Kecenderungan Kajian Islam PPs UIIS Dari uraian di atas dapat dilihat kecenderungan kajian Islam di PPs UIIS Malang sebagai berikut: a. Untuk masa-masa ke depan, sebagai universitas Islam, PPs akan membuka program studi sesuai cakupan keuniversitasannya dengan menerapkan prinsip filosofi sains yang tidak saja bersifat profan tetapi juga transcendental, dengan menjadikan wahyu, akal, pengalaman, dan intuisi menjadi paradigma yang integratif struktural. b. Untuk sekarang ini PPs UIIS berorentasi pada kajian al-Tarbiyah al-Islamiyah dengan spesifikasi konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam dan konsentrasi Pembelajaran Bahasa Arab, sebagaimana tampak dari kurikulum masing-masing konsentrasi. c. Melihat tesis-tesis yang ditulis mahasiswa konsentrasi manajemen pendidikan Islam, dapat dipetakan kecenderungan kajian mereka sebagai berikut: i. manajemen institusi Islam, khususnya lembaga pendidikannya. ii. manejemen Islami institusi, khususnya lembaga pendidikannya. iii. Kependidikan lembaga-lembaga Islam iv. Kependidikan Islami lembaga-lembaga Islam. d. Melihat tesis-tesis yang ditulis mahasiswa konsentrasi Pembelajaran Bahasa Arab, dapat dipetakan kecenderungan kajian mereka sebagai berikut: i. pembelajaran bahasa Arab di lembaga-lembaga pendidikan Islam. ii. pemikiran tokoh tentang pembelajaran bahasa Arab. 4. Penutup Demikian, diskripsi singkat tentang kecenderungan kajian Islam di PPs UIIS Malang. Semoga ada manfaatnya. Malang, 9 Desember 2003 Pascasarjana UIIS Malang.

Tidak ada komentar: